Kaya yang Sesungguhnya

Standard

Suatu hari Rasulullah pernah bersabda, “Demi Allah, bukan kefakiran yang aku khawatirkan terhadap kalian , tetapi yang aku khawatirkan adalah jika kekayaan dunia dilimpahkan kepada kalian sebagaimana telah dilimpahkan kepada orang-orang sebelum kalian, kemudian kalian akan berlomba-lomba mendapatkannya sebagaimana mereka berlomba-lomba dan akhirnya dunia itu membinasakan kalian sebagaimana ia telah membinasakan mereka.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Salah satu perkara yang nanti akan ditanyakan kepada seorang hamba di hari Akhir adalah tentang hartanya. “Seorang anak Adam tidak akan dapat menggerakkan kakinya pada hari Kiamat, sebelum ditanya empat perkara, tentang umurnya untuk apa dihabiskan, tentang masa mudanya apa yang telah dilakukan, tentang hartanya darimana diperoleh dan untuk apa dibelanjakan, dan tentang ilmu mana yang dia amalkan.” (HR. Ahmad)

Sungguh banyak manusia yang bercita-cita menjadi orang kaya, memiliki banyak harta, berharap dengan harta bisa berbuat sebanyak-banyaknya, padahal Allah berfirman.

“Dan sekali-kali bukanlah harta dan bukan (pula) anak-anak kamu yang mendekatkan kamu kepada Kami sedikit pun, tetapi orang-orang yang beriman da mengerjakan amal saleh, mereka itulah yang memperoleh balasan yang berlipat ganda disebabkan apa yang telah mereka kerjakan, dan mereka aman sentosa di tempat-tempat yang tinggi (dalam Surga).” (QS. Saba’ : 37)

“With great power, there must also come great Responsibility” (Spiderman)

Sudah Siapkah menjadi kaya yang sesungguhnya?

Klik disini untuk melihat lebih dekat : Kaya yang Sesungguhnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s