seruan kebaikan

Standard

Bismillahirrahmanirrahim

Judulnya nyontek lagunya Citra Scholastika, hohoho.. Aku suka dengan liriknya terutama bagian ini :

Hiasi duniamu dengan kebaikan
Dan kehangatan cintamu
Agar tetap kulihat senyum tawamu
Dan indah binar dimatamu
Indahnya warna kehidupan

Siapa nih -mu nya? Ya kalo nyanyinya di depan cermin, artinya diri kita sendiri, hehehe.. lalu keluar kamar, kita ketemu deh banyak -mu : Ibu, Ayah, kakak, adik, kerabat, sahabat, teman, tetangga, dan semuanya!

Lagu ini saya persembahkan buat 312,033 viewers Islam Is Fun (February 22, 2014, 8:03 am), khususon buat 122 orang yang reblog, 184 orang yang like, ratus-ratusan yang share di sosmednya, di whatsappnya, belum lagi yang dari mulut ke mulut, yang di kaskus, yang dimana-mana deh. Makasih banyaaaaak.. Ampe speechless. Ga nyangka aja gelombangnya bakal segininya..

Dan terlebih untuk yang punya semangat yang sama, yang tergerak hatinya untuk menciptakan anak berkarakter tangguh yang IMUN (bukan steril) terhadap konten ‘kotor’ semacam itu, yang kemudian nilai kebaikan akan menjadi life style mereka, saya pengen bilang : KALIAN JUARA!

Yeay! Satu demi satu lilin kebaikan menyalaaaa.. makasih banyak yaa udah meluangkan waktu buat baca curcolan di blog yang aduhai panjang bangeeeeetttt.. dengan materi yang berat bangeeeeeeeeettt.., reblog share, dan langsung tergerak untuk bergerak lebih jauh…

Ijinkan saya menyapa dengan sebutan, ‘dirimu’ yaa.. pengennya saya sapa satu-satu.. bilang terimakasih satu-satu.. tapi apalah daya ternyata saya ga sanggup. Bahkan saya belum sempat membalas komen di blog dan mesej di FB satu-satu. Maaaaffffffff 😦

Ok, first of all, Saya sangat patut untuk bangga pada dirimu karena dirimu udah selangkah lebih maju : tergerak untuk melakukan sesuatu. Berkontribusi demi masa depan adik-adik dan anak-anak kita kelak.

Btw, maaf yaa saya telat banget responnya.. terpana sendiri  dengan sambutan temen-temen. Namun, niat baiknya untuk ikut bergerak seakan jadi satu lilin yang menyala, yang kalo kita nyalain rame-rame, bareng-bareng, bikin dunia terang benderang!

Makanya nihhhh, kami, YKBH, amat sangat bersyukur dan berterimakasih tak terhingga, buat dirimu. Dan juga buat bu Risma dan bu Elly Risman, pejuang tangguh yang menginspirasi, doain mereka yuuuuk, semoga mereka selalu istiqamah, sehat dan berkah dunia akhirat, aamiin aamiin.. kalo bukan karena ibu Elly, tulisan itu ga akan pernah ada deh.. dan ayo #SaveRisma *lohhh hahaha.. dan juga terutama buat Allah yang telah menggerakkan hati kita semua untuk sama-sama  jalan bareng membuat perubahan baik semampu yang kita bisa lakuin..

Okei, karena para pebisnis pornografi itu sedemikian hebatnya merancang produk-produk mereka, saya sih yakin kita bisa lebih hebat dari mereka, yuk yuk kita rapikan barisan.. karena kebaikan yang tidak terorganisir akan dikalahkan oleh kejahatan yang terorganisir.

Sebelumnya pengen sharing dulu boleh yaa.. mengenai pengalaman pribadi saya sebagai seorang guru di sekolah swasta elit yang menganut nilai Islam. Disana saya menghadapi kondisi anak-anak yang rata-rata BLASTed.  Anak-anak yang bosen tiap pulang ke rumah cuma ditanya PR ama Les. Pulang sekolah jam stgh 5 sore, abis itu les ini itu. Nyampe rumah PR banyak beneeeeer.. Alih-alih bantuin ngerjain, emak bapaknya udah kecapean karena sibuk, jadi ya cuma nanya doang, “Ada PR ga? tadi bu X kirim SMS reminder katanya PR kamu ini ini ini dan PR minggu lalu kamu telat belum kerjain”. Stress ga sih looo.. Padahal anaknya pengeeeeeeeeeeen banget cerita kejadian-kejadian tadi di sekolah.. akhirnya kalo punya masalah ya dipendem sendiri, ga tau mesti ngobrol sama siapa karena ga deket sama orang tua maupun guru di sekolah.. Anak-anak yang nilai rapot udah 98 masih dirasa ga ada apa-apanya di mata orang tuanya dan diminta terus nambah juara, rasanya pengeeeeen banget jadi anak biasa aja.

Menyadari beratnya beban mereka sebagai siswa yang sangat banyak PR dan acara, jadinya saya hampir ga pernah ngasih PR, saya hanya mensyaratkan mereka membuat resume materi minggu sebelumnya jika ingin masuk kelas saya. Bentuknya bebas aja, suka-suka mereka. Ajaib! Saya mendapatkan banyak sekali komik yang saaaaaangat bagus.. gambar yang dibuat pake corel dan photoshop.. ada yang bikin tebak-tebakan, TTS, mind map, bahkan ada yang bikin games! Anak zaman sekarang ya, canggih benerrrr.. Saya ngerasa aman dan bahagia bener dah. Ya yang terlihat,  mereka anak-anak yang manis sekali. Mereka cerdas dan berprestasi.

Sampai suatu saat saya dikejutkan oleh satu anak yang cerita bahwa dia diisengi temannya, “dia ngasih link katanya buat PR, taunya gambar gituan.. aku ga sukaa”. Ketika saya tanya berapa lama dia lihat gambar gituan lagi, dia bilang sebulan. Innalillahi, pengen pingsan.. lalu saya tanya siapa aja temen-temennya yang udah lihat dan siapa orang pertama yang mulai. Lalu saya tanya selain saya, siapa lagi guru yang tau. Sayangnya ga ada, dan mereka minta saya untuk ga bilang siapa-siapa. Antara bersyukur karena dipercaya dan nyesek banget, saya ajak mereka ngobrol. Kenapa mereka bilang sama saya, mungkin dalam lubuk hatinya yang terdalam, mereka tersiksa banget dengan gambar2 porno yang tiba2 muncul di kepala mereka tanpa diminta. Dan mereka punya nilai yang mereka anut meski belum kuat, sehingga mereka juga tersiksa rasa bersalah.

Cuman karena saya modalnya cuma bisa ngemeng doang, saya kesulitan banget buat ngejelasin ini dan itu yang kompleks dan ribet. Hormon, Dopamin, Pituitari, semuanya ga keliataaaaan. Susyeehhhhhhhhh

Nah! Dari pengalaman itu, saya nangkep menjadi sahabat mereka dan menerima mereka apa adanya aja ga cukup, saya harus bisa menjelaskan materi yang berat-berat itu dengan media yang paling mereka suka : komik, poster keren (pokonya kalo keliatan produk photoshop dan corel, dan skillnya diatas mereka, mereka pasti ngiler terkagum-kagum deh), games, animasi, yang seru-seru deh..

Saya jadi berandai-andai, andai ada orang yang bisa bikin entah itu poster, cerpen, komik, video, game, aplikasi mobile, animasi, atau apapun media alternatif lainnya yang bisa entah itu menjelaskan mekanisme kerusakan otak , entah itu tentang menjaga diri, entah itu infographic data-data ttg dampak pornografi, entah itu tentang eskalasi adiksi pornografinya, entah itu tentang anak sebagai target market, banyak bangeeetttt.. Tapi dengan banyaknya orang yang berkontribusi, saya yakin pasti ada yang bisa buatnya. Dan kalo ada, bisa jadi perangkat perjuangan nih!

Ntar bisa kita blasting di media yang kita punya masing2, boleh di link ke YKBH atau Islamisfun supaya kita bisa double blasting. Jadi, buat yang sudah menyediakan diri untuk ‘hayook bergerak’, ini  kayaknya bisa jadi alternatif pertama untuk merealisasikan semangat kita.

Nah kan buat bikin juga perlu input. Itu dari mana? Bisa dari konten yang kita post di blog islamisfun (sementara ini) baik yang selanjutnya akan dipost atau dari yang sekarang udah ada.

Oia, kan ga menutup kemungkinan juga kalo dirimu atau yang lainnya punya informasi baru tentang konten yang YKBH belum ketahui, kita bisa saling berbagi atau bahkan mungkin saling mengkritisi.

Dirimu juga bisa request mau dipostingkan tentang apa, inginnya sih nanti kita bisa sama-sama membangun diri kita untuk siap mensupport anak-anak menjadi tangguh di era digital ini dengan menyadari “kemampuan apa saja dan knowledge apa saja yang saya butuhkan untuk menjadi supporter yang baik”, misalnya. Jadi ga cuma YKBH yang ‘ngasih’, tapi kita tumbuh bareng.. begitu

Yang kedua

kalo dirimu punya keluangan waktu dan ga ada masalah dengan jarak, bisa juga gabung jadi konselor remaja. Apa tuh? Jadi, YKBH ini punya program ke anak-anak SD-SMP-SMA yang dimotori oleh Divisi Anak dan Remaja (DIAR). Udah disebut-sebut ditulisan kan yaa.. Materinya yang udah dijalanin adalah tentang membangun konsep diri, mencintai tubuh, menyiapkan anak menghadapi pubertas, dan siap menjadi remaja. Nah, tim ini akan datang ke sekolah-sekolah, ketemu adik-adik, dan melakukan pelatihan untuk adik-adik kita. Alamak kakaaaaak, aku pun masih minim ilmu! Tenaaaang, ga mungkin lah kita lepas ke padang belantara, hehehe.. kita ngumpul dulu, dilatih baru terjuuun. Syaratnya pertama, udah kuliah dan seneng berbagi .

Yang ketiga

Sekali lagi kita ga bisa berjuang sendirian. Reblog atau share tulisan yang udah ada seperti yang udah dilakukan kemarin, tetap jadi senjata yang ampuh yang bisa terus dilakukan.. Tapi, apa kabar dengan lingkungan terdekat kita? Jadi usul saya, sharing informasi ini pada lingkungan REAL terdekat kita juga. Siapa? Keluarga, tetangga, sesama orang tua siswa, sekolah, dan lingkungan yang bisa dijangkau oleh tangan kita. Kalo kita ibaratin semangat kita ini sebagai iman, naik turun banget kan. Jadi, setelah kita pribadi punya kesadaran lebih, yuk kita bentuk kesadaran kolektif yang supportif.

Jadi pengen cerita, Rabu lalu, sewaktu saya mendampingi ibu Elly dan ga ke kantor, ada seorang ibu yang dateng nyari saya dan bilang, “saya kesini gara-gara baca blog Mba Pipi. Saya tuh jadi kepikiran buat ngasih tau ini ke anak saya, teman-teman anak saya, termasuk juga orangtua mereka. Deg-degan banget saya. Jadi, apa yang YKBH bisa bantu?”. Widiiiiih, secara ga langsung ditantangin nih YKBH, biar ga lempar udang sembunyi bakwan, hehehe.. Nah, kalo emang dirasa perlu untuk melakukan yang serupa, silakan aja.. kalo emang perlu dibantu, ngomong aja yaa

Sekian yaa.. makasih udah baca panjang lagi. Hayuk hayuk, mari berbuat 🙂

Miftahul ‘pipichan’ Hidayah

Kita & Buah Hati Foundation
Jalan Gudang Peluru Barat Blok V No. 526, Kebon Baru, Jakarta Selatan 12830

Advertisements

14 responses »

  1. sahabatku Pipi yg baik, luar bisa perhatianmu terhadap masalah peradaban yang satu ini.. semoga menjadi amal soleh unggulanmu. namun mohon maaf sekedar saran, ada bagusnya Anda tidak memberikan link lagu citra tsb, krn itu sesungguhnya merupakan bagian dari budaya pop yang bisa menggiring kepada sesuatu yang sama2 kita khawatirkan. perhatikan deh cara berpakaian citra yang menampakan aurat dan gaya yang sensual.. ini sesuatu yang mungkin terlihat sepele, padahala di sisi Allah ini bisa mengundang murka. alangkah mulianya kita memperjuangkan kebernaran dengan cara yang benar juga.. silahkan main ke web kami: http://www.sekolahakhlakquran.org

  2. sy seorang guru sma yang turut prihatin dgn kondisi anak-anak dan siswa jaman skg….muhasabah terus tanpa henti….sy dukung program ini…

  3. Assalamu’alaikum Mba, Saya kirim message via FB ke fanpage Yayasan Kita & Buah Hati. Ingin sekali bergabung menjadi konselor remaja bagaimana caranya? Terima kasih 🙂

  4. Aslmlkm..Alhamdulillah diingetin ttg hal ini,soalny bru jd ibu..sbnrny mau tny..mmg sy dah dkasi tau hrs ada pddkn utk anak2 ttg mslh seks ini sjk sy kuliah..tp smpe skrg pun sya msh blm mnmukan cara mmberikan pendidikan seks yg benar utk anak2..apa bs sberikan cth konkritny? Terima kasih.

  5. wahhh sebenarnya ide mba keren banget nih..cuman apakah sudah ada komunitasnya untuk di luar jakarta? luar jawa?

    mungkin akan lebih mudah jika ada komunitas atau wadah untuk saling support 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s